Bakti Sosial Penghuni Asrama UGM

Yogyakarta (26/1) Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.Kegiatan ini lebih mengutamakan kepada aktivitas nyata yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga keberadaannya di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat, khususnya warga yang berada di lokasi PKM.

Bakti Sosial UGM Residences merupakan salah satu event terbesar dari rangkaian kegiatan lifeskills UGM Residences, karena pada hakikatnya bakti sosial tersebut dapat memberikan “mutual benefit” bagi ke-dua belah pihak yang berkolaborasi dalam penyelenggaraan bakti sosial dengan konsep “rumah” dan “kampus”. Simbolisasi rumah bermakna bahwa pada dasarnya UGM Residences memberikan bantuan moril dan materil atas desa binaan-nya, sementara simbolisasi kampus bermakna sebagai sarana edukasi mahasiswa antara lain implementasi atas konseptualisasi nilai-nilai Pancasila, pembentukan solidaritas dan networking, serta entrepreneurship bagi generasi muda sehingga nantinya perguruan tinggi dapat membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pelaku pembangunan yang berkualitas.

Setelah sukses dengan pendirian perpustakaan Pertiwi Learning Center dan diintegrasikan dengan perpustakaan Kabupaten Bantul, pada tahun ini kegiatan bakti social UGM Residences kembali diadakan di Dusun Ngelosari, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta, dengan tema “Dari Asrama untuk Masyarakat Sejahtera”. Rangkaian acara dari kegiatan ini adalah Workshop Penanaman Pohon Sirsat, Cek Kesehatan Gratis, Outbond Moral Value Games, Bazar Sembako dan Pakaian Pantas Pakai.

 

 Salah satu kegiatan utama dari Bakti Sosial ini adalah pemberian bibit pohon buah sirsat yang secara simbolisasi dilakukan oleh Bapak Parman, SIP., MSi selaku perwakilan dari UGM Residences kepada Dukuh Ngelosari. Kemudian dilanjutkan acara ”Workshop Penanaman Pohon Sirsat” oleh Bapak Fajar Basoeki dengan peserta warga dari dusun Ngelosari. Adapun tujuan dari diadakannya pada Bakti Sosial ini adalah untuk memberikan pemahaman akan manfaat pohon buah sirsat, harapannya kebun buah sirsat dapat bermanfaat bagi warga Dusun Ngelosari, sehingga kedepannya dapat menambah nilai dari masyarakat Ngelosari. (AA)