GOR UGM Sukses Menggelar LIMA Badminton Kaskus DIY-Jateng

Setelah menghelat LIMA Badminton di dua kota sebelumnya yakni Malang dan Surabaya. LIMA Badminton langsung menuju kota ketiga, Yogyakarta. Penyelenggaraan LIMA Badminton di Yogyakarta sendiri merupakan tahun kedua, namun untuk tahun kedua ini, LIMA Badminton Yogyakarta Subconference tidak tergabung bersama Central Java.

LIMA Badminton Kaskus Yogyakarta Subconference yang telah berlangsung pada 1 – 7 April 2017 di GOR Lembah Universitas Gadjah Mada, diikuti delapan Perguruan Tinggi se-Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Pertanian Stiper, Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,

Sementara itu, untuk kategori yang dipertandingkan LIMA Badminton yakni kategori beregu dengan format Thomas & Uber Cup dan Kategori perseorangan dengan sistem pertandingan knock out. Kategori beregu dimainkan pada 1-5 April, sedangakan 6-7 April giliran kategori perseorangan.

Pertandingan kategori beregu putra meliputi : tunggal, ganda, tripel, tunggal 2 dan ganda 2, sedangkan bagi putri hanya mempertandingkan tiga partai yakni Tripel, Tunggal dan Ganda. Sementara itu, untuk kategori perseorangan yang dipertandingan yakni tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran.

UNY Dominasi LIMA Badminton Yogyakarta Subconference

Turun dengan predikat juara umum di tahun lalu, membuat tim UNY mengusung raihan yang sama di tahun ini. Hasilya, benar saja, tim binaan coach Mutia tersebut mampu mengawinkan gelar juara di sektor beregu.

Tak hanya, dari sektor beregu, dominasi UNY di ajang ini juga dibuktikan dengan raihan di kategori perseorangan. Di ganda campuran, UNY mampu mengantarkan dua pasanganya ke babak nasional setelah berhasil melaju ke partai puncak yakni Raden/Yenny dan Rezha/Frida. Hal yang sama juga ditularkan di partai tunggal putra UNY dengan menyabet dua kuota babak nasional atas nama Erza dan Andri.

Sementara itu, di sektor tunggal putri, pemain UNY tidak mampu menyempurnakannya setelah unggulan tunggal putri mereka, Rena, harus mengakui kemenangan tunggal putri UGM, Aphrodhita. Dengan raihan tersebut, Aphrodhita dan Rena akan mewakili Yogyakarta di ajang LIMA Badminton Nationals yang rencananya akan dihelat di GOR Universitas Pendidikan Indonesia pada 10-21 Mei 2017.

Berikut data Pemenang LIMA Badminton Yogyakarta Subconference

Kategori Beregu

Tim Putra :

1.   Universitas Negeri Yogyakarta

2.   Universitas Islam Indonesia

3.   Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Tim Putri :

1.   Universitas Negeri Yogyakarta

2.   Universitas Gadjah Mada

3.   Universitas Ahmad Dahlan

Catatan : Tim putra UNY dan UII lolos ke LIMA Badminton Nationals 2017, sedangkan tim putrinya hanya diwakilakna UNY (kuota sudah ketentuan LIMA Badminton)

 

Kategori Perseorangan

Tunggal Putra :

1.   Erza (UNY)

2.   Andi (UNY)

3.   Wahyu (UST)

 

Tunggal Putri :

1.   Aphrodita (UGM)

2.   Rena (UNY)

3.   Indiana (UNY)

 

Ganda Campuran :

1.   Raden/Yenny (UNY)

2.   Rezha/Frida (UNY)

3.   Dodi/Ni Made (UGM)

 

Catatan : Untuk kategori perseorangan hanya peringkat satu dan dua yang melaju ke ajang LIMA Badminton Nationals 2017